INTUISI DAN ANALISIS BISNIS

 





_Ilmu hikmah_


Wayan Supadno



Bagi kawula muda yang punya mimpi jadi pebisnis dengan kemampuan daya serap pengangguran jumlah banyak agar bisa dikaryakan produktif. Termasuk punya plasma jumlah banyak sebagai pemasok usahanya. Ini penting. 


Mutlak harus menguasai hal intuisi dan daya nalar analisis bisnis. Ini sangat penting karena fase ini cikal bakalnya bisnis. Perlu diingat, jika mau jadi " Insan Legendaris " harus jadi pertama atau terbesar atau beda.


Bisnis mutlak harus menjaga nadi usaha yaitu cashflow. Neraca keuangan. Manajemen PPIC (Production, Planning and Intentory Control). Itu kaitannya terhadap kekuatan bahan baku dan daya serap pasar produk kita.


Di sinilah pentingnya pada pra investasi hal intuisi ide gagasan bisnis spontan karena kepekaan membaca peluang bisnis. Lalu berproses pada analisa dengan nalar dasarnya. Data dianalisa dan disimpulkan fisibilitasnya.


Contoh :


Kabupaten A dan B. Punya panjang pantai terbentang sehingga banyak nelayan. Pasti banyak ikan afkir jumlah berlimpah yang berdampak pada harganya murah meriah. Sisa seleksi dari yang bernilai ekonomi tinggi.


Selain itu juga penghasil padi. Karena ada kepastian air sungai berasal dari gunung dari yang ada dibendung. Implikasinya menghasilkan dedak yang kaya karbohidrat kadar tinggi.


Pendek kata. Pantainya penghasil limbah ikan sumber bahan baku tepung ikan berprotein di atas 45% dan sawahnya penghasil dedak sumber bahan baku pakan kadar karbohidrat tinggi sekitar 50% dan lemak 17%.


Di pangkal gunungnya pasti banyak sumber air mengalir. Agroklimat ideal pengembangan ikan tawar. Pakannya dari limbah padi dan limbah ikan. Jadilah tempat usaha massal masyarakat bisa beromzet Rp 5 miliar/ha kolam/tahun.


Otomatis harga pokok produksi (HPP) rendah. Karena jumlahnya banyak dampak dikerjakan massal oleh masyarakat luas. Jadilah peluang emas industri pabrik fillet atau pengalengan ikan tawar. Implikasinya bisa bersaing di pasar global.


Multiplier effects nya banyak sekali. Apresiasi kekayaan alam tinggi untuk kesejahteraan masyarakat luas. Ekonomi tumbuh dinamis karena masyarakat tadinya menganggur semua berkarya produktif. 


Selain pajak dan devisa tercipta, juga pendapatan asli daerah (PAD) juga terbangun. Karena rutin pekerja dan plasma punya pendapatan maka terbentuk permintaan perumahan, kendaraan dan lainnya. Masyarakat tumbuh dinamis mandiri.


Ilmu hikmahnya, sangat penting melatih intuisi. Caranya panca indra diberdayakan optimal. Apapun yang terlihat dan terdengar dijadikan pertanyaan. Bisnis apa yang terkandung ? Baru dinalar analisiskan. Agar refleks. Selamat melatih intusi dan daya nalar analisis bisnis.



Salam Intuitif 🇮🇩

Wayan Supadno

Pak Tani

HP 081586580630

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matinya Demokrasi Kampus Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama)

PT. Bina Indocipta Andalan bekerjasama dengan DJP mengadakan Webinar dengan tema "Pemadanan NIK Menjadi NPWP"

Bantu Kesulitan Warga, Kodim 0618/Kota Bandung Hadir Melalui Pemeriksaaan Kesehatan ( Tensi Gratis) di Lapangan Gasibu